Langsung ke konten utama

cetak saring



Pendahuluan
Cetak saring adalah salah satu teknik proses cetak yang menggunakan Layar (screen) dengan kerapatan tertentu dan umumnya barbahan dasar Nylon atau Sutra. Layar ini kemudian diberi Pola yang berasal dari negatif desain yang dibuat sebelumnya. Kain ini direntangkan dengan kuat agar menghasilkan layar dan hasil cetakan yang datar. Setelah diberi Fotoresis dan disinari, akan terbentuk bagian-bagian yang bisa dilalui tinta dan tidak.Proses eksekusinya adalah dengan menuangkan Tinta di atas layar dan kemudian disapu menggunakan palet atau rakel yang terbuat dari karet. Satu layar digunakan untuk satu warna.

Standar Kompetensi :
1. Memahami pengertian cetak saring / sablon.
2. Memahami berbagai bahan, alat, teknik cetak dalam dan cetak sablon.
3. Mampu mencipta karya seni cetak saring / sablon.

Kompetensi Dasar :
1. Siswa dapat mengetahui pengertian, prinsip cetak dalam cetak saring / sablon.
2. Siswa dapat mengetahui berbagai bahan, jenis alat, teknik cetak dalam dan cetak sablon
sehingga mampu menciptakan karya cetak seni grafis dengan teknik cetak saring / sablon.

Tujuan Pembelajaran
1. Agar siswa dapat mengetahui pengertian, prinsip cetak dalam cetak saring / sablon.
2. Agar siswa dapat mengetahui berbagai bahan, jenis alat, teknik cetak dalam dan cetak sablon
sehingga mampu menciptakan karya cetak seni grafis dengan teknik sablon.


MATERI SABLON / CETAK SARING
Sablon / cetak saring adalah salah satu teknik proses cetak yang menggunakan layar
Alat untuk menyablon :
1. Screen (kain gasa terbuat dari Polyster/Nylon)
2. Rakel (alat sapu terbuat dari karet sintetis)
3. Sinar Matahari/Kotak Lampu (penyinaran saat mengafdruk)
4. Busa (untuk mengepress film pada screen)
5. Sprayer/semprotan Air (pengembang gambar hasil afdruk)
6. Hair dryer (untuk mengeringkan obat afdruk)
7. Meja Sablon (untuk menuangkan pewarna dikaos)
8. Pengaduk/sendok kecil (untuk menyampur obat afdruk dan menyampur pewarna)

Bahan untuk menyablon :
1. Obat Afdruk (cairan kental/emilsion)
2. Tinta/Cat (khusus sablon)
3. Obat penghapus screen (untuk membersihkan screen)
4. Binder (untuk mengawetkan hasil sablon agar tidak mudah luntur)

Tehnik membuat film :
Film sablon adalah sebuah gambar/tulisan yang dibuat dengan manual atau di setting komputer. Film tersebut merupakan “master” yang akan digunakan dalam keperluan cetak sablon. Tanpa film ini pengerjaan sablon tidak dapat dilakukan. Untuk membuat cetakan sablon berwarna, buatlah film sebanyak warna yang dikehendaki mengikut pola gambar.

Tehnik mengafdruk screen :
Afdruk adalah sebuah proses penduplikasian dari gambar/tulisan film ke dalam screen. apapun gambar/tulisan yang ada pada film akan terlihat sama pada screen setelah melalui proses pengafdrukan.
Ada dua cara mengafdruk screen yaitu dengan matahari dan kotak lampu neon.
Cara kerja kedua cara tersebut sama saja yaitu mengexpose (menyinari) yang telah dipolesi dengan obat afdruk “emulsion” untuk menimbulkan gambar/tulisan ke screen melalui pencahayaan.

Ada 9 langkah mengafdruk screen:
  1. Mencampur Emulsion (obat Afdruk) dan SR/ cairan kuning yang ada dalam kemasan Emulsion. Tuangkan Emulsion kedalam wadah kemudian masukan cairan kuning/SR 1:9, aduk hingga benar-benar menyatu.
  2. Memoles screen secara merata dengan Emulsion yang telah diaduk dengan SR. Pastikan Screen bersih, kering dan bebas abu. Lakukan pemolesan dengan rata pada bagian luar dan dalam screen, tidak boleh ketebalan atau ketipisan dalam pemolesan Emulsion di screen.
  3. Mengeringakan screen diruangan tertutup atau gelap. pengeringan boleh dengan Hair Dryer, kipas angin. Peringatan!!! proses ini hanya dilakukan dalam ruangan tertutup yang gelap, jika terkena sinar cahaya terang akan mengakibatkan gagalnya pengafdrukan.
  4. Jika sudah kering (masih tetap dalam ruangan tertutup), letakkan film diatas screen secara terbalik. Lapiskan dengan kaca bening, dibawah screen diberi busa (sesuai besar ukuran screen) lalu tekan dan jemur di ruangan terbuka (tersinar matahari) selama 5-20 detik tergantung teriknya matahari, ingat jangan terlalu lama karena akan berakibat gagal afdruk.
  5. Proses pengafdrukan dengan menggunakan kotak lampu neon juga sama seperti diatas. Penyinaran menggunakan lampu hendaknya harus benar-benar terang. Gunakan lampu neon/TL 3-4 batang minimal 20 watt/ batang. penyinaran dilakuakan diatas kotak lampu yang dilapisi kaca setebal 5 milimeter, lamanya penyinaran berkisar 5-8 menit.
  6. Selanjutnya adalah pengembangan gambar dari hasil penyinaran. Caranya screen yang sudah di sinari matahari atau lampu segera disiram dengan air bersih dalam dan luar screen dengan sprayer. Dalam penyemprotan awal tidak boleh terlalu keras.
  7. Setelah pencucian screen dianggap selesai maka screen harus dijemur diterik matahari hingga benar-benar kering.
  8. Jika dalam proses pengafdrukan ada kecacatan sedikit (tidak mengganggu gambar atau tulisan, maka proses selanjutnya adalah penambalan dengan sisa Emulsion dan dikeringkan kembali.
  9. Proses selanjutnya adalah finising, priksa sekali lagi jangan sampai ada kebocoran di screen. Agar tidak belepotan dalam pengerjaan sablon, tutuplah pinggir-pinggir screen (kayu didalam) dengan Lakban, hal ini juga untuk mengantisipasi kebocoran pada ujung-ujung kayu screen.
Proses menyablon kain / kaos :
Menyablon berbahan dasar kain cukup dengan menempelkan screen diatas kain/kaos/spanduk, cukup dengan satu atau dua kali gesutan rakel. Gunakan screen dengan type rendah T48, T54 untuk menghasilkan sablonan yang baik.
Penggunaan cat untuk dasar kain pada dasarnya berwarna putih kental, lalu menjadi berwarna apa saja dengan ditambahkan bahan pewarna “PIGMENT” kedalam cat tersebut. Agar hasil sablonan pada kain tahan lama, campurkan sedikit cairan “PENGUAT WARNA” pada cat yang sudah dicampur dengan pewarna. Untuk penyablonan kaos/kain sebaiknya menggunakan alas papan triplex pada bagian dalamnya agar cat tidak tembus kebelakang.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Soal Latihan PKN Kelas XI (Hubungan Internasional dan Organisasi Internasional)

Soal Latihan PKN Kelas XI (Hubungan Internasional dan Organisasi Internasional)     1. Dalam mencapai tujuan politik bebas aktif, Indonesia pada dasarnya menjalankan politik .... A. netral B. damai C. isolasi D. terpadu E. nasional 2. Segala kebijakan pemerintah yang berkaitan dengan negara lain atau subjek hukum internasional lain guna mewujudkan tujuan nasional, disebut .... A. kerja sama intemasional B. perjanjian internasional C. hubungan diplomatik D. hubungan luar negeri E. politik luar negeri 3. Pada dasarnya politik yang dijalankan dalam kebijakan pemerintah Indonesia mengabdi pada kepentingan .... A. nasional B. internasional C. manusia D. dunia E. PBB 4. Menurut ketentuan hukum yang berlaku, lembaga yang mewakili pelaksanaan politik luar negeri di negeri asing adalah .... A. Presiden Indonesia B. Menteri Luar Negeri C. Dubes Luar Biasa D. Corp Consulat E. Corp Diplomatik 5.  Maksud   dari perjanjian internasional ialah .... A.  Sebuah

cara jitu melupakan orang yang kita cintai

18 Cara melupakan seseorang yang kita cintai ( Move On ) Hmm Masih saja memikirkan dia yang sudah jelas bikin kamu sakit hati, memang berat rasanya kehilangan orang yang benar benar kamu cintai tapi apa boleh dikata ibarat nasi sudah terlanjur jadi bubur sayangnya di dunia ini tidak ada yang abadi, semua akan mengalami titik jenuh yang pada akhirnya akan kembali lagi, kepada siapa? ya kepada ALLAH SWT. ( Hehehe UJ dong...!!).. Setiap orang pastinya pernah merasakan yang namanya jatuh cinta, baik itu orang kaya, miskin, ganteng, jelek, cantik, montok, ABG ababil bahkan yang sudah bau tanah sekalipun ,, :D Hahaha $#^&!!! Namun pada kenyataannya cinta tidaklah indah selamanya dan pastinya akan berakhir dengan berlinganya air mata, sayangnya kamu sudah terlanjur mencintainya tapi si doi ternyata meninggalkan kamu, Hmmmm kasihan banget deh kamu,,,.. ^_^ . Kalau sudah begitu berat rasanya batin kamu dan kamu harus berusaha melupakan orang yang mash kamu cintai .,, t

kata kata Motivasi Terbaru 2013 Pembangkit semangat

kata kata Motivasi Terbaru 2013 Pembangkit semangat - Sahabat  Semangat Inspirasi, Kata motivasi terbaru 2013 adalah kata-kata motivasi terbaru yang lebih modern dalam membangkitkan semangat . Kata Motivasi 2013 lebih elegan dengan sajian yang praktis dan dapat menyejukkan hati pembacanya. Artikel ini membangun pola pikir dan mind set pikir setiap orang guna membangun hidup yang lebih baik. Kata motivasi yang dipadukan dengan kata-kata mutiara sehingga menciptakan kata-kata motivasi terbaru 2013 pembangkit semangat. Okey.. Sahabat semangat inspirasi, tanpa panjang lebar lagi berikut racikan kata kata motivasi terbaru 2013 yang dapat membangkitkan semangat anda : Anda adalah pemenang! Karena anda berhasil Sukses dalam menghadapai persaingan berjuta sperma ayah anda dalam membuahi sel telur ibu anda. Olehnya itu anda harus semangat dan termotivasi untuk sukses mengarungi hidup ini! Sahabat sejati tidak dilihat cara dia berbuat baik untuk mu dan orang lain, tapi sahabat